Apa Itu Security Operations Center? Inilah Perannya dalam Cyber Security

Sejak diperkenalkan pertama kali, kemajuan teknologi keamanan siber terus berkembang. Namun sayangnya, hal ini juga diikuti dengan peningkatan kasus kerugian akibat serangan siber atau cyber-attack.

Apakah alat keamanan siber saat ini masih belum cukup canggih?

Ketika terjadi serangan siber, masalah tidak selalu terletak pada alat yang digunakan. Seringkali, kesalahan terletak pada pengoperasiannya. Hambatan seperti kekurangan sumber daya yang berpengalaman, belum tersertifikasi, atau proses keamanan perusahaan yang kurang terstruktur sering menjadi penyebab utama.

Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki Pusat Operasi Keamanan (Security Operations Center).

Pengertian Security Operations Center (SOC)

Security Operations Center (SOC) adalah pusat pengendalian keamanan yang berfokus pada pengawasan, deteksi, analisis, serta respon terhadap ancaman keamanan siber. SOC bertujuan untuk melindungi organisasi dari serangan siber yang dapat merugikan aset, reputasi, dan bisnis.

Fungsi Utama Security Operations Center

Mencegah dan Mendeteksi Ancaman Cyber

SOC bertugas untuk mencegah ancaman keamanan dengan mengidentifikasi, mendeteksi, dan menganalisis ancaman yang dapat mengancam organisasi. Menggunakan teknologi canggih seperti Intrusion Detection System (IDS) dan Intrusion Prevention System (IPS), SOC dapat mendeteksi ancaman dan melindungi organisasi.

Merespon Insiden Keamanan

SOC juga bertanggung jawab untuk merespon insiden keamanan yang terjadi. Tim SOC akan melakukan investigasi, menentukan tingkat risiko, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi insiden tersebut.

Pemulihan dan Pengembalian Operasional

Setelah insiden keamanan diatasi, SOC akan membantu dalam proses pemulihan dan mengembalikan operasional perusahaan. Tujuannya adalah untuk meminimalkan kerugian dan memastikan bahwa perusahaan dapat kembali beroperasi dengan cepat dan aman.

Komponen-Komponen Utama di Dalam Security Operations Center

Teknologi

Teknologi merupakan komponen penting dalam SOC. Beberapa teknologi yang umum digunakan meliputi Security Information and Event Management (SIEM), IDS/IPS, firewall, dan antivirus.

Proses

Proses di dalam SOC mencakup langkah-langkah yang diambil untuk mengidentifikasi, mendeteksi, menganalisis, dan merespon ancaman siber. Proses ini melibatkan koordinasi antara tim keamanan, penggunaan teknologi yang tepat, serta komunikasi yang efektif dalam organisasi.

Orang

Orang merupakan komponen kunci dalam SOC. Tim SOC umumnya terdiri dari analis keamanan, insinyur keamanan, dan manajer keamanan yang memiliki keahlian dalam berbagai aspek keamanan siber.

Peran Security Operations Center dalam Cyber Security

Mencegah dan Mendeteksi Ancaman Cyber

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, SOC memiliki peran penting dalam mencegah dan mendeteksi ancaman keamanan siber. Dengan menggunakan teknologi dan proses yang tepat, tim SOC dapat mengidentifikasi ancaman potensial dan melindungi organisasi dari serangan siber.

Baca Juga : Pentingnya Keamanan Siber dalam Disaster Recovery Plan

Merespon Insiden Keamanan

Ketika terjadi insiden keamanan, SOC berperan penting dalam merespon insiden tersebut. Tim SOC akan bekerja sama dengan tim lain dalam organisasi untuk mengatasi insiden, meminimalkan kerugian, dan mengembalikan operasional perusahaan.

Pemulihan dan Pengembalian Operasional

SOC juga berperan dalam proses pemulihan dan pengembalian operasional setelah insiden keamanan diatasi. Dengan bantuan tim SOC, perusahaan dapat memastikan bahwa sistem dan data mereka aman, serta mengurangi risiko insiden serupa di masa depan.

Jenis-Jenis Security Operations Center

In-house SOC

In-house SOC merupakan SOC yang dioperasikan sepenuhnya oleh organisasi itu sendiri. Tim SOC bekerja di dalam organisasi dan memiliki akses langsung ke sumber daya, infrastruktur, dan sistem yang diperlukan untuk menjalankan tugasnya.

SOC-as-a-Service (SOCaaS)

SOCaaS adalah model layanan di mana organisasi menggunakan layanan SOC yang disediakan oleh penyedia layanan keamanan siber eksternal. Dalam model ini, organisasi tidak perlu menginvestasikan sumber daya dan infrastruktur untuk menjalankan SOC sendiri, tetapi tetap mendapatkan manfaat dari keahlian dan teknologi yang ditawarkan oleh penyedia layanan.

Hybrid SOC

Hybrid SOC merupakan kombinasi antara in-house SOC dan SOCaaS. Dalam model ini, organisasi memiliki tim keamanan internal yang bekerja sama dengan penyedia layanan keamanan siber eksternal untuk mengelola dan menjalankan SOC.

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Security Operations Center?

Perlindungan Data dan Privasi

Dalam era digital saat ini, perlindungan data dan privasi menjadi sangat penting. SOC membantu perusahaan melindungi data dan informasi penting dari serangan siber yang dapat mengakibatkan kerugian finansial, reputasi, dan hukum.

Kesesuaian dengan Standar dan Regulasi

Banyak industri memiliki standar dan regulasi keamanan yang harus dipatuhi. Dengan memiliki SOC, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka mematuhi standar tersebut dan mengurangi risiko denda atau sanksi.

Mengurangi Risiko Keamanan

SOC membantu perusahaan mengurangi risiko keamanan dengan secara proaktif mengidentifikasi, menganalisis, dan merespon ancaman siber. Dengan demikian, perusahaan dapat mengurangi potensi kerugian yang diakibatkan oleh insiden keamanan.

Kesimpulan

Security Operations Center (SOC) merupakan komponen penting dalam strategi keamanan siber perusahaan. Dengan fungsi utamanya dalam mencegah dan mendeteksi ancaman, merespon insiden keamanan, serta membantu dalam pemulihan dan pengembalian operasional, SOC memainkan peran penting dalam melindungi organisasi dari serangan siber. Ada beberapa jenis SOC yang dapat dipilih perusahaan, seperti in-house SOC, SOC-as-a-Service (SOCaaS), dan Hybrid SOC, tergantung pada kebutuhan dan sumber daya yang dimiliki. Dengan adanya SOC, perusahaan dapat melindungi data dan privasi, mematuhi standar dan regulasi keamanan, serta mengurangi risiko keamanan.

Jangan biarkan perusahaan Anda rentan terhadap serangan siber! Tingkatkan keamanan sistem Anda dengan layanan Security Operations Center (SOC) dari Elitery. Dapatkan perlindungan komprehensif, pemantauan keamanan 24/7, dan dukungan dari tim ahli yang berpengalaman. Lindungi aset berharga Anda dan jaga reputasi perusahaan dengan menghubungi Elitery sekarang juga. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami untuk konsultasi gratis mengenai kebutuhan keamanan siber perusahaan Anda. 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×