Pentingnya Keamanan Siber dalam Disaster Recovery Plan

Serangan siber semakin banyak menargetkan bisnis dan perusahaan. Para peretas dunia maya tahu bahwa masih banyak perusahaan yang tidak memiliki sumber daya yang didedikasikan untuk keamanan data.

Hanya dengan klik yang tampaknya tidak berbahaya pada tautan atau lampiran email, virus dan ransomware dengan cepat dan tanpa terdeteksi akan menginstal pada perangkat perusahaan dan memasang serangan pemerasan, menuntut tebusan sebagai imbalan atas akses ke data mereka. Oleh karena itu dibutuhkan keamanan siber pada Disaster Recovery Plan. Simak mengapa keamanan siber penting dalam Disaster Recovery Plan berikut ini.

Apa Hubungan Disaster Recovery Plan dan Keamanan Siber?

Disaster recovery Plan adalah suatu rencana agar bisnis Anda terus beroperasi dan memiliki kerugian seminimal mungkin saat terjadi bencana atau gangguan.

Sementara keamanan siber adalah upaya yang dilakukan untuk melindungi suatu sistem digital dari berbagai ancaman atau akses ilegal. Beberapa contohnya adalah serangan pada DDoS, Ransomware atau pembobolan data. Kesimpulannya, keamanan siber dalam disaster recovery plan adalah suatu cara menghentikan kerugian akibat dari serangan siber, serta mengurangi ancaman dan menjaga  kelangsungan bisnis Anda kedepannya.

4 Tujuan Melakukan Keamanan Siber dalam Disaster Recovery Plan

1. Mempertahankan Kelangsungan Usaha 

Tujuan utama adalah memastikan perusahaan masih tetap beroperasi. Jangan sampai karena bencana yang melanda Anda membuat perusahaan gulung tikar. Kerugian yang besar bukan cuma menurunnya mutu kualitas produk/jasa yang Anda pasarkan, tapi juga cara bagaimana Anda menghadapi serangan siber atau gangguan lain.

2. Melindungi Data-Data Perusahaan Anda 

Para hacker menyukai data-data kita. Saat mereka berhasil membobol dan menjualnya, maka habislah kita. Mulailah berpikir  mengenai cara bagaimana melindungi data dengan tujuan meminimalkan aksesibilitas data ke peretas, mengurangi ancaman, kehilangan data-data dan memungkinkan untuk mencadangkan data Anda saat ancaman berakhir.

3. Mengurangi Kerugian

Ini jelas. Tujuan kita adalah mengurangi kerugian sebanyak mungkin. Soalnya jika serangan siber, yang berimbas bisa meliputi finansial, hukum, hingga reputasi Anda juga dipertaruhkan.

4. Memperbaiki Sistem Anda Berdasarkan Pengalaman

Jika Anda pernah mengalami serangan siber atau gangguan lain dan telah melakukan disaster recovery plan yang tepat, nantinya kita bisa mengidentifikasi apa saja yang membuat perusahaan Anda mengalami hal tersebut. Memulai intropeksi diri lalu memulihkan keamanan Anda menjadi lebih baik lagi. Melakukan perbaikan di sana-sini, mengumpulkan daftar pertanyaan seperti kenapa ancaman ini menbahayakan bisnis Anda? Apakah yang Anda lakukan benar? Dan perbaikan apa yang bisa Anda lakukan di masa depan jika masalah ini terjadi lagi?

Baca Juga : 4 Komponen Penting Dalam Infrastruktur Teknologi Cloud Computing

Membuat Rencana Pemulihan Bencana

Lalu bagaimana cara memulai mengamankan perusahaan Anda dari serangan siber menggunakan strategi Disaster Recovery Plan? 

Langkah 1: Mulai dengan Memilih Penyedia Layanan DRP 

Anda bisa menyewa penyedia layanan dukungan IT untuk membantu mengevaluasi risiko dan menyusun rencana pemulihan. Atau kalau tidak begitu, pilih satu orang di organisasi Anda yang bertanggung jawab menandatangani rencana akhir dan melaksanakan rencana itu jika terjadi bencana keamanan siber.

Langkah 2: Melakukan Pencegahan 

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalimat itu tak hanya penting pada dunia kesehatan, dalam dunia keamanan siber juga tak kalah penting. Mulai berhati-hati dalam klik tautan yang tidak terpercaya, selalu menggunakan Anti-Virus dalam setiap perangkat yang digunakan dan update software untuk meningkatkan keamanan perangkat. 

Langkah 5: Menerapkan Cadangan Data

Cadangan data sangat diperlukan dalam pemulihan bencana keamanan siber. Jika semua data dicadangkan dengan aman di lokasi independen, Anda akan mempunyai opsi untuk memulihkan sistem Anda, apapun ancaman yang Anda hadapi, mau itu Ransomware, DDoS, atau kerusakan total. Data Anda tidak akan rusak permanen, semua bisa dipulihkan asalkan Anda mencadangkan data tersebut.

Mulai Terapkan Keamanan Siber pada Disaster Recovery Plan Bisnis Anda

Sudah saatnya bisnis Anda menerapkan keamanan siber pada Disaster Recovery Plan agar terhindar dari serangan virus, ransomware dan peretas.

Jika bisnis Anda belum menyiapkan Disaster Recovery Plan segera konsultasikan secara gratis bersama tim IT expert kami yang berpengalaman dan bersertifikasi.  Hubungi kami sekarang juga melalui elitery.com dan email [email protected].

 

#mulaibersamaElitery

Your Elite Digital Transformation Partner

 

 

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×