Pentingnya Manajemen Bencana di Indonesia

Berlokasi di kawasan rawan bencana membuat Indonesia tak lepas dari peristiwa-peristiwa seperti gempa, banjir, dan gunung meletus. Tak hanya berdampak pada kenyamanan masyarakat, bencana pun mengancam kelancaran perusahaan beroperasi. Manajemen kebencanaan atau Manajemen Bencana dalam hal ini diperlukan sebagai antisipasi hal-hal tak diinginkan.

Manajemen Bencana adalah tindakan yang sejumlah perusahaan terapkan untuk mengantisipasi serta menanggulangi dampak bencana. Langkah ini termasuk ke dalam langkah perusahaan untuk meneruskan kegiatan usaha atau bisnis (business continuity) agar tak terjadi kerugian besar.

Manajemen Bencana dalam business continuity

Seperti yang disebutkan, Manajemen Bencana adalah salah satu tahap yang termasuk ke dalam perencanaan business continuity. Adapun langkah-langkahnya mencakup:

  • Menyiapkan perusahaan dari berbagai risiko atau gangguan seperti kerusakan pada sistem IT dan kerugian dari bencana alam;
  • Memahami risiko-risiko yang disebabkan bencana alam dan pengaruhnya pada kegiatan operasional;
  • Mengaplikasikan prosedur dan protokol darurat untuk menghadapi bencana;
  • Memulihkan perusahaan secara menyeluruh dalam waktu singkat.

Tanpa antisipasi dan pencegahan memadai, bencana akan mempengaruhi sejumlah aspek pada perusahaan. Sebut saja karyawan yang tak bisa meneruskan pekerjaan, penurunan profit, rusaknya infrastruktur, dan memburuknya reputasi. 

Lain cerita saat Manajemen Bencana disiapkan dan diaplikasikan sedini mungkin. Data penting tak akan hilang dan pekerjaan bisa diteruskan selama pemulihan. Dengan kata lain, business continuity juga terjaga dengan baik.

Baca Juga : Pentingnya Keamanan Siber dalam Disaster Recovery Plan

Tujuan dan fungsi Manajemen Bencana di Indonesia

Menilai dari informasi di atas, Manajemen Bencana adalah penanggulangan yang sifatnya urgent dilakukan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Berdasarkan Undang-undang Nomor 24 tahun 2007, manajemen bencana sendiri merujuk pada proses atau tahapan dinamis, bersifat berlanjut sekaligus terpadu. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas analisis dan observasi serta mencegah dampak yang ditimbulkan bencana.

Baca Juga : Mitigasi Bencana di Perbankan Sebagai Syarat Teknis Operasi

Adapun tujuan Manajemen Bencana meliputi mengatasi dan mencegah dampak bencana yang mengenai manusia, bangunan, dan harta benda lainnya. Penanganan yang tepat diharapkan dapat menekan kesengsaraan korban sampai memulihkan kondisi perusahaan.

Kemudian, Manajemen Bencana adalah pencegahan yang memiliki sejumlah fungsi seperti:

  • 1. Memahami konsep Manajemen Bencana yang mengefektifkan pengendalian secara cepat sekaligus akurat;
  • 2. Mempelajari konsep-konsep tertentu agar perusahaan tetap siaga, sehingga sistem di tempat kerja terjaga baik;
  • 3. Mencegah kepanikan, kekacauan, dan simpang siur lainnya yang kerap terjadi saat bencana berlangsung;
  • 4. Meminimalisasi munculnya korban jiwa, kerusakan aset dan harta benda perusahaan, hingga perubahan yang tak diinginkan di lingkungan kerja.

Kesimpulan

Jika disimpulkan, Manajemen Bencana adalah langkah antisipasi penting yang sebaiknya disiapkan perusahaan untuk mengatasi hal-hal tak terduga di Indonesia. Supaya semua elemen siap, pelatihan atau training khusus sebaiknya diselenggarakan. Alhasil, perusahaan bukan hanya cepat mengambil langkah saat bencana terjadi, tetapi juga menjaga semua pihak dari berbagai risiko berbahaya. 

Oleh karena itu dibutuhkan layanan Manajemen Bencana atau Disaster Recovery untuk membantu perusahaan untuk memastikan kelangsungan bisnis mereka di masa-masa sulit akibat bencana alam atau kejadian yang tidak terduga lainnya. Solusi ini mencakup berbagai strategi dan rencana untuk mempersiapkan diri menghadapi bencana, termasuk perencanaan darurat, pemulihan data, dan keamanan sistem informasi. 

Dengan menggunakan layanan Manajemen Bencana, perusahaan dapat mengurangi dampak dari bencana dan memastikan kelangsungan operasi bisnis yang lancar, sehingga memperkuat keyakinan pelanggan, karyawan, dan investor pada perusahaan. Mulai konsultasi sekarang mengenai solusi manajemen bencana bersama Elitery.

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×