Perkembangan Smart City di Indonesia

Apa yang terlintas di benak anda pada saat mendengar tentang istilah Smart City? Ya, tentunya ini berkaitan dengan makna-makna seperti kota yang maju, kota yang canggih, dengan berbagai perkembangan teknologinya, dan lain-lain. Apakah Smart City di Indonesia sudah ada?

Jawabannya adalah iya. Beberapa kota di Indonesia telah menerapkan dan mengimplementasikan konsep tersebut. Berikut adalah perkembangan Smart City Indonesia, termasuk apa saja kota di Indonesia yang sudah berkonsep Smart City.

Apa itu Smart City?

Smart City adalah konsep pengembangan kota yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas hidup warga, efisiensi operasional pemerintah, dan pembangunan ekonomi. Konsep ini melibatkan integrasi teknologi, data, dan partisipasi publik untuk menciptakan kota yang lebih cerdas dan terhubung.

Konsep Smart City yang Ada di Indonesia

Dilansir dari Kompas.com, di tahun 2017 lalu terkait hasil sementara kajian konsep Smart City Kementerian Koordinator di Bidang Perekonomian, urgensi Smart City ini disebabkan oleh pertambahan tingkat pertumbuhan penduduk perkotaan sebesar 2,75% per tahunnya. Lanjut, jumlah penduduk yang ada di perkotaan semakin terus bertambah dan bertambah. Hingga saat ini, ada sejumlah kota yang ada di Indonesia yang sudah menerapkan konsep Smart City seperti Jakarta, Surabaya, dan lain-lain.

Beberapa Kota yang Telah Berkonsep Smart City di Indonesia

Jakarta

jakarta smart city

Tahun 2015 lalu, Pemerintah dari Provinsi DKI Jakarta secara resmi meluncurkan program berupa Smart City. Kehadirannya diklaim jadi lebih memudahkan kinerja dari aparat pemerintah provinsi supaya lebih cepat dalam merespons keluhan para warga. Warga bisa mengakses smartcity.jakarta.go.id.

Semarang

semarang-smart-city

Pemkot Semarang bahkan telah mengoperasikan situation room yang berguna sebagai pusat integrasi aktivitas atau kegiatan semua OPD di Semarang. Dari ruangan ini tipa pelayanan serta pembangunan real time bisa terpantau, juga data statistiknya. Ruangan ini juga memiliki banyak fungsi lainnya.

Bandung

Taman Bandung

Kota berkonsep Smart City di Indonesia selanjutnya adalah kota Bandung. Pemkot kota Bandung juga sudah meluncurkan portal yang terintegrasi dan berisi seluruh layanan serta info terpadu. Berbagai aplikasi yang telah diluncurkan yakni seperti E-Punten, layanan Command Center, hingga sistem pelaporan terpadu yaitu SiPANDU.

Baca Juga : Elitery bersama AWS berhasil mewujudkan Smart City di Jawa Barat dengan layanan unggulan Chatbot SiPANDU dan CCTV system Elivision

Surabaya

surabaya-smartcity

Tak ketinggalan, Surabaya sudah memiliki berbagai layanan terintegrasi mengusung teknologi canggih misalnya e-Health, e-Kios, dan juga SWAT atau Solid Waste Transportation. SWAT ini adalah sistem manajemen pengangkutan sampah.

Makassar

makassar-smart-city

Kota Makassar juga bisa memantau kemacetan, serta memiliki sistem pembayaran parkir secara online. Untuk dapat mengatur sistem pemerintahan dan juga sistem pembayaran, Makassar mempunyai Makassar Smart Card.

Yogyakarta

yogyakarta-smart-city

Lalu ada Yogyakarta yang melalui Smart Grid, dapat mengatur pemakaian pembangkit listrik dengan EBT sera energi fosil. Melalui smart grid juga dapat mengatur penggunaan listrik dengan cara otomatis sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Masih ada sejumlah kota lain dengan konsep Smart City di Indonesia, seperti Tangerang, Bogor, Bekasi, Banyuwangi, Denpasar, serta Binjai. Menerapkan Smart City di Indonesia memberikan berbagai keuntungan, mulai dari meningkatkan efisiensi pemerintah, mempercepat pembangunan ekonomi, meningkatkan kualitas hidup warga, hingga mendorong inovasi dan kreativitas dalam pengembangan teknologi. Namun, dalam menerapkan konsep ini, perlu diperhatikan bahwa pembangunan kota yang cerdas dan terhubung harus dilakukan secara berkelanjutan dan melibatkan partisipasi publik.

Oleh karena itu, bagi pemerintah dan instansi yang ingin mengadopsi konsep Smart City, layanan solusi Smart City dari Elitery dapat membantu dalam implementasi teknologi yang efektif dan efisien. Dengan pengalaman dan keahlian dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, Elitery dapat memberikan solusi Smart City yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan kota dan masyarakat. Segera hubungi Elitery untuk memulai penerapan Smart City di kota Anda. Anda bisa melihat solusi Smart City dari Elitery. 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×