Mengenal Cloud Load Balancing Dan Manfaatnya Dalam Lingkungan Cloud

Sebagian besar dari Anda mungkin telah mengenal istilah cloud load balancing ini bukan? Pasti pertama kali yang ada di pikiran adalah istilah ini akan berhubungan dengan cloud. Hal tersebut memang benar, maka dari itu Anda perlu memahaminya lebih lanjut dibawah ini.

Sebagai para pemilik situs atau aplikasi dengan jumlah traffic tinggi, tentunya akan membutuhkan sumber daya besar nantinya. Namun kenyataannya server mungkin akan kewalahan dalam menerima permintaan karena jumlah trafik terlalu tinggi.

Hal inilah nantinya dapat mengakibatkan adanya beberapa masalah seperti respons server lambat dan downtime. Jika sudah seperti itu, tentu akan membuat ketidaknyamanan ketika mengakses situs ataupun aplikasi bukan?

Mengenal Cloud Load Balancing

Nah disinilah, apabila Anda sedang mengalami masalah diatas, maka sangat penting agar mengetahui lebih jauh mengenai apa itu cloud load balancing tersebut. Bagi yang tidak memiliki basic di dunia IT, pastinya akan sedikit kebingungan dengan istilah tersebut.

Kehadiran dari cloud atau load balancing sendiri memang sangat penting terutama untuk menyeimbangkan sistem beban didalam situs atau aplikasi. Jadi cloud load balancing sendiri merupakan metode menyebarkan beban kerja atau lalu lintas diantar banyak server di dalam cloud.

Dengan sistem itulah tentu akan membuat semuanya dapat berjalan dengan lancar sekaligus efisien. Secara singkat, adanya metode inilah beban traffic tidak hanya dibebankan pada satu jalur koneksi saja sehingga bisa membuat respon server lebih cepat.

Cara Kerja dari Cloud Load Balancing

Cloud load balancing

Jika dilihat berdasarkan dengan prosesnya, maka teknik tersebut dapat meminimalkan waktu respon yang terdapat pada server. Analoginya seperti polisi lalu lintas dimana mempunyai tugas untuk mencegah adanya kemacetan serta peristiwa tidak diinginkan.

Jadi dengan hadirnya cloud load balancer itulah diharuskan mampu untuk memastikan bahwa arus lalu lintas jaringan tetap lancar serta bisa memberikan keamanan dalam sistem jaringan. Berikut ini adalah cara kerja dari teknik tersebut:

  • User akan melakukan permintaan akses agar dapat masuk ke server website atau aplikasi
  • Cloud balance akan menerima dan menyalurkan traffic ke beberapa server sekaligus
  • Apabila terdapat salah satu server down, maka perangkat akan langsung mengalihkan trafik tersebut ke server lainnya yang tersedia.

Dengan hadirnya teknik inilah ternyata menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk menangani sejumlah besar permintaan yang berasal dari jalur multi-aplikasi serta multi-perangkat ini.

Manfaat Load Balancing Di Dalam Lingkungan Cloud

Keberadaan dari metode inilah ternyata mempunyai peran cukup penting didalam sistem cloud terutama untuk memberikan kepastian adanya server sekaligus distribusi beban kerja. Berikut ini sejumlah manfaat cloud balancing untuk cloud yang perlu diketahui.

1. Dapat Membantu Meningkatkan Performa

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika Anda mempunyai website atau aplikasi, maka terdapat banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik. Terutama untuk menghindari terjadinya downtime yang membuat proses loading lebih lama.

Tetapi jangan khawatir ketika menggunakan balancer maka dapat menambah sekaligus menghapus sumber daya tanpa mengganggu pekerjaan. Bahkan dengan hadirnya teknologi inilah juga dapat membantu meningkatkan kinerja situs atau aplikasi.

2. Meningkatkan Kemampuan Jaringan

Perlu diketahui bahwa kemampuan yang dimiliki oleh teknologi ini memang cukup fleksibel, termasuk juga mampu meningkatkan kemampuan dari jaringan nantinya. Bahkan sejumlah masalah tidak terduga juga dapat ditangani dengan baik.

Seperti satu node jaringan mengalami kerusakan, maka balancer akan masuk sekaligus mengalihkan situs atau aplikasi ke node lainnya. Ini juga menjadi salah satu cara untuk melakukan kegiatan maintenance.

3. Membantu Menambahkan Server Virtual

Kehadiran dari teknologi ini jugalah ternyata akan memungkinkan pengguna untuk bisa menambahkan satu atau lebih server virtual sebagai respons dari permintaan. Saat sebuah situs mengalami lalu lintas berlebihan, server baru dibawa online dan balancer akan mengakomodasi server tambahan nantinya.

Baca Juga : Apa itu Virtualisasi? Inilah Manfaatnya Untuk Infrastruktur IT Anda

4. Membantu Meningkatkan Keamanan

Manfaat dari balancing ini lainnya secara tidak langsung mampu membantu meningkatkan keamanan. Sebab ketika aktivitas berbahaya terdeteksi pada situs dan aplikasi, balancer bukan hanya mendeteksinya tetapi juga beralih ke server berbeda sebagai penetral serangan.

Contoh Layanan Cloud Load Balancing

Layanan penyeimbangan beban cloud ditawarkan oleh banyak penyedia cloud, termasuk tiga platform utama: Amazon Web Services (AWS), Google Cloud Platform, dan Microsoft Azure.

  1. AWS Elastic Load Balancing mendistribusikan lalu lintas klien yang masuk dan meletakkannya ke target yang terdaftar seperti instance EC2, yang mendukung empat jenis load balancing: Aplikasi, Jaringan, Gerbang, dan Klasik.
  2. Layanan Cloud Load Balancing Google Cloud Platform dibangun di atas infrastruktur server front-end yang sama dengan yang digunakan Google, menawarkan berbagai load balancing tergantung pada kebutuhan pelanggan.
  3. Microsoft Azure menawarkan empat layanan load balancing – Traffic Manager, Load Balancer, Application Gateway, dan Front Door – untuk memberikan layanan di seluruh wilayah Azure global atau menyediakan penyeimbangan beban global yang aman untuk layanan mikro. Masing-masing layanan ini beroperasi pada lapisan jaringan yang berbeda dan mendukung protokol komunikasi yang berbeda.

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Cloud Load Balancing, dapat disimpulkan bahwa teknologi ini sangat berguna dalam memastikan ketersediaan dan kinerja aplikasi yang di-hosting pada lingkungan cloud. Dengan mengimplementasikan load balancing, beban kerja dapat didistribusikan secara merata ke berbagai server, sehingga meningkatkan efisiensi dan mengurangi risiko downtime. Selain itu, fitur-fitur seperti autoscaling dan health monitoring memungkinkan aplikasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan permintaan pengguna dan memperbaiki masalah yang muncul. Oleh karena itu, bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan teknologi cloud, layanan Managed Cloud dari Elitery dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan solusi cloud load balancing yang aman, handal, dan efisien. Segera konsultasi dengan kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai layanan ini.

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×