Perkembangan Penerapan Teknologi Cloud Computing di Indonesia Saat Ini

Tahukah Anda jika cloud computing jadi salah satu sektor paling menjanjikan di Indonesia? Berdasarkan data dari CNBC, perkembangan penerapan teknologi cloud computing di Indonesia mencapai 48% selama lima tahun terakhir. Peningkatan ini jauh di atas tingkat pertumbuhan tahunan dunia. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan pada artikel ini sampai selesai.

Cloud computing merupakan sistem pengelolaan data yang dilakukan menggunakan perangkat komputer dan jaringan internet. Sistem ini memungkinkan pengguna mengakses data tanpa unduh aplikasi, semua data akan tersimpan di cloud. Hal inilah yang menjadikan cloud computing menarik di kalangan pebisnis.

Perkembangan Penerapan Cloud Computing di Indonesia

Mengenal Lebih Dalam Cara Kerja Cloud Computing

Indonesia merupakan salah satu negara dengan perkembangan penerapan teknologi cloud computing yang pesat. Mulai dari instansi pemerintah hingga swasta sudah menjadikan cloud computing sebagai kebutuhan wajib. Tentu saja hal ini karena cloud computing menjadikan kinerja lebih cepat, mudah, dan terstruktur.

Berbagai penyedia jasa menawarkan pilihan cloud computing dengan harga terjangkau dan dilengkapi fasilitas yang mumpuni. Pada tahun 2020 sendiri, pengguna cloud computing merambah ke beberapa sektor bisnis di antaranya adalah jasa dan manufaktur.

Pasar cloud computing yang besar di Indonesia membuat sejumlah investor berinvestasi di bidang ini. Fakta ini didukung dengan data dari International Data Corporation yang menyebutkan bahwa layanan infrastruktur publik cloud di Indonesia mencapai $2.9 miliar. Jumlah tersebut dinilai lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Penerapan Teknologi Cloud Computing untuk Kebutuhan Bisnis

Cloud infrastructure
Cloud infrastructure

Sebelum adanya cloud, tren penyimpanan data di masa lalu masih konvensional yaitu melalui hard drive dan ruang penyimpanan. Setiap perusahaan memiliki data center masing-masing, di mana biaya operasionalnya terbilang mahal.

Namun, seiring berjalannya waktu muncul teknologi penyimpanan yang berbasis server dan tidak terbatas yakni cloud. Tentu saja penggunaan cloud lebih hemat karena tidak membutuhkan biaya operasional tersendiri. Itulah mengapa, perkembangan penerapan teknologi cloud dalam bisnis juga semakin luas.

Salah satu segmen yang memberikan kontribusi besar pada cloud adalah industri manufaktur. Selain itu, perkembangan penerapan teknologi cloud juga telah dimanfaatkan sejumlah Server Message Blocks (SMB) untuk mengurangi biaya operasional mereka.

Saat ini bermunculan penyedia jasa cloud computing yang menyediakan bisnis dan orang-orang dengan layanan berbasis cloud. Produk yang ditawarkan seperti perangkat keras virtual, perangkat lunak, infrastruktur, dan masih banyak lagi.

Anda Bisa Mendapatkan Layanan Cloud Tanpa Biaya Operasional Tambahan

Perbedaan On Premise vs Cloud Computing

Sejak kemunculan teknologi cloud, banyak perusahaan yang semakin tertarik pada layanannya. Keuntungan yang mereka dapatkan mulai dari segi biaya, skalabilitas, hingga aksesibilitas. Berbagai layanan yang diberikan penyedia jasa tentu disesuaikan dengan model bisnis yakni:

  • 1. Infrastructure as a service (IaaS), contohnya virtual server, storage, dan desktop/komputer.
  • 2. Software as a service (SaaS), contohnya aplikasi absensi online, aplikasi payroll, dan berbagai macam software produktivitas.
  • 3. Platform as a service (PaaS) yang menggabungkan IaaS dan SaaS dalam satu paket.

Sebagaimana pada penjelasan sebelumnya bahwa cloud berkembang pesat di kalangan pebisnis Indonesia. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi penyedia jasa cloud baik lokal maupun internasional.

Saat ini perusahaan big player cloud sudah masuk ke Indonesia, di antaranya adalah Microsoft, Amazon Web Service, Google Cloud, dan Alibaba. Masuknya jasa penyedia cloud internasional ke Indonesia tentu membuat bisnis cloud semakin kompetitif.

Baca Juga : Contoh Penerapan Cloud Computing dalam Kehidupan Sehari-Hari

Penyedia cloud lokal hingga internasional mulai bersaing dengan menawarkan produk semenarik mungkin. Hal ini menyebabkan pasar cloud di Indonesia menjadi semakin ketat.

Mulai Terapkan Infrastruktur Cloud di Bisnis Anda dengan Elitery 

Elitery sebagai perusahaan IT Infra memiliki tim yang kompeten sebagai solusi kebutuhan managed cloud Anda. Sebagai official partner dari cloud service provider ternama seperti AWS, Google Cloud, Azure, Docker, VMware, tentu menjadikan Elitery sebagai partner IT dalam menyediakan layanan Managed Cloud untuk Anda

Mulai konsultasikan kepada ahli IT kami yang profesional dalam mengelola cloud. Anda dapat menghubungi kami melalui www.elitery.com atau email ke [email protected]. Kami siap membantu Anda mencari solusi terbaik, skalabel dan fleksibel.

 

 #mulaibersamaElitery 

Your Elite Digital Transformation Partner

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×