Apa itu Platform as a Service? Ini Pengertiannya

Platform as a Service atau PaaS adalah suatu model komputasi berbasis cloud yang menyediakan fitur sangat lengkap bagi para penggunanya. PaaS mampu menghadirkan hardware, software dan juga infrastruktur untuk kebutuhan development serta pengelolaan aplikasi tanpa dipungut biaya yang mahal.

Dikenal praktis dan efisien, jenis platform ini mampu menawarkan pengalaman yang sederhana serta tidak sulit demi kemudahan pembuatan dan perawatan platform oleh para pengguna kapan dan dimanapun. Selain untuk aplikasi, PaaS juga bisa digunakan untuk sejumlah kepentingan berikut:

1. Mengembangkan, mengelola, dan menjalankan API serta Microservice.

2. Mendukung bahasa pemrograman, lingkungan aplikasi, dan penerapan internet of things.

3. Mendukung analisis data dan saran-saran bisnis yang bisa dijadikan guide dalam pengambilan keputusan.

Jenis-Jenis Platform as a Service

1. Paas yang Terhubung dengan SaaS

Platform as a service yang terkoneksi langsung dengan SaaS menjadi jenis yang banyak digunakan oleh para developer aplikasi. Tujuan utama dari jenis PaaS ini adalah untuk menciptakan ekosistem development yang baik di sekitar lingkungan aplikasi SaaS tersebut.

Baca Juga : Ketahui, Apa Itu Managed Cloud Services dan Betapa Pentingnya Bagi Bisnis Anda

2. PaaS yang terhubung dengan operation environment 

Misalnya layanan PaaS berkolaborasi dengan IaaS. Hubungan antara PaaS dengan sebuah environment akan bekerja secara efektif jika pengguna berkomitmen menggunakan satu IaaS tertentu saja.

3. Open-Cloud PaaS

Jenis PaaS yang satu ini tidak terlibat dengan environment apapun. Open cloud PaaS efektif untuk membantu developer aplikasi dalam menggunakan platform yang terpisah.

Cara Kerja Platform as a Service

Pas hanya tersedia melalui infrastruktur pada penyedia layanan cloud. Para pengguna bisa mengakses fitur ini melalui browser Web masing-masing. PaaS juga bisa dikirimkan via cloud private, hybrid, dan publik agar bisa memberi layanan yang layak. Sejumlah layanan lain yang perlu diketahui dari PaaS adalah:

1. Pengujian dan penerapan software

2. Informasi keamanan

3. Integrasi layanan situs

4. Desain dan development software

5. Integritas database

6. Kolaborasi aktif dengan tim developer.

Keunggulan PaaS

1. Pihak developer bisa menyelaraskan kode ciptaan ke PaaS dan aplikasi dengan software dan hardware by PaaS.

2. Keamanan data terjamin karena pemeliharaan platform ditangani pihak penyedia.

3. Terdapat celah yang besar dalam upaya peningkatan kualitas untuk kebutuhan developer serta keberlanjutan inovasi.

4. Mampu meminimalisir jumlah penyiapan infrastruktur karena telah tersedia dalam cloud.

Alasan Software Developer Menggunakan PaaS

1.PaaS memungkinkan developer aplikasi membuat aplikasi secara lebih cepat.

2.PaaS membantu developer software menguji, membangun, menyebarluaskan, melakukan hosting dan debug serta update dalam satu lingkungan. Hal itu menjamin kualitas aplikasi sebelum dipublikasikan serta situs development lebih sederhana.

3. PaaS lebih irit biaya ketimbang IaaS. Metode pembayaran pay to pay memungkinkan pelanggan lebih hemat karena tagihan hanya didasarkan pada sumber daya yang dipakai oleh aplikasi.

4.Vendor PaaS akan tangani seluruh lisensi pada alat developer, SO, dan berbagai hal lainnya dalam platform mereka.

Mulai Integrasi layanan PaaS Anda dengan Elite Managed Cloud

Platform As A Service atau PaaS adalah model komputasi dengan basis cloud yang didalam tersedia beragam fitur lengkap buat pengguna. Selain layanan prima, PaaS juga akan membantu pengguna dalam menghemat budget karena PaaS menerapkan metode pembayaran pay as you go. Sehingga konklusinya PaaS menawarkan kemudahan dan kecepatan development dengan biaya lebih terjangkau untuk perusahaan dan developer.

Yuk mulai terapkan layanan PaaS Anda dengan Elite Managed Cloud. Kami siap membantu untuk deploy aplikasi perusahaan Anda agar dapat terus berkembang dan bersaing lebih kuat dibandingkan kompetitor Anda.

Mulai konsultasikan kepada ahli IT kami yang profesional dalam mengelola cloud. Anda dapat menghubungi kami melalui www.elitery.com atau email ke [email protected]. Kami siap membantu Anda mencari solusi terbaik, skalabel dan fleksibel.

 

 #mulaibersamaElitery 

Your Elite Digital Transformation Partner

 

 

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×