Apa itu Redundansi Data? Inilah Manfaatnya pada Infrastruktur Cloud

Dalam konteks keberlanjutan operasional dan keamanan data melalui infrastruktur cloud, redundansi data memegang peranan penting. Artikel ini akan menjelaskan apa sebenarnya redundansi data, jenis-jenis redundansi dalam cloud computing dan bagaimana hal tersebut memberikan manfaat krusial pada bisnis. 

Apa itu Redundansi Data? 

Redundansi data pada cloud adalah sebuah konsep penting dalam penyimpanan data di cloud computing. Redundansi data merujuk pada proses membuat salinan tambahan dari data yang ada untuk memastikan keamanan dan ketersediaan data tersebut. Tujuan utama dari redundansi data adalah untuk mencegah kehilangan data akibat kegagalan perangkat keras, kesalahan manusia, atau bencana alam.

Tipe Redundansi Data dalam Cloud Computing

Redundansi Proses

Identifikasi proses krusial dengan memetakan seluruh sistem dan tentukan tingkat ketersediaan berdasarkan prioritas tiap layanan. Namun, solusi redundansi data cloud tiap node proses dapat mengkonsumsi biaya yang signifikan. Diperlukan optimalisasi layanan dengan mengidentifikasi proses kunci dan prioritas terlebih dahulu, kemudian memilih layanan yang andal untuk meningkatkan efisiensi dan ketangguhan operasional.

Redundansi Jaringan

Pastikan kelancaran bisnis dengan jaringan yang handal. Pertimbangkan rute internet alternatif dan penyedia cadangan untuk menjaga kelancaran lalu lintas. Tinjau service level agreement (SLA) penyedia cloud untuk ketersediaan dan redundansi data yang optimal. Keberagaman penyedia yang digunakan tidak selalu berarti redundansi jaringan, pilih solusi yang benar-benar andal.

Redundansi Hardware

Biasanya, ketika kita berbicara tentang redundansi data pada hardware, kita membicarakan toleransi error dari mesin yang menjalankan software contact center atau basis data pelanggan. Hal ini membuat perlunya memaksimalkan kinerja dengan redundansi hardware yang cerdas. Pilih penyedia cloud terpercaya dan sesuaikan tingkat toleransi error system dengan kebutuhan dan biaya untuk kelancaran operasional.

Redundansi Geografi

Amankan bisnis Anda di cloud dengan mereplikasi data di lokasi yang berbeda. Pastikan pusat data terpisah cukup jauh untuk melindungi dari bencana alam. Dengan redundansi geografis, bisnis Anda tetap berjalan bahkan di tengah ancaman lingkungan. Komunikasi dengan penyedia layanan untuk memastikan rencana redundansi data dalam menghadapi kegagalan data center, baik itu listrik, jaringan, atau dari segi fisik. 

Manfaat Redundansi Data dalam Cloud Computing

Setiap jenis redundansi data dalam komputasi cloud menawarkan berbagai manfaat bagi perusahaan. Mari simak lebih jauh uraiannya di bawah ini.

Ketersediaan Tinggi

Ketersediaan tinggi mengacu pada menjaga sistem utama Anda di satu platform cloud dan sistem cadangan/sekunder di platform lain. Redundansi data diperbarui dengan cara yang sama pada kedua instance cloud. Hal ini membuat load kerja dapat tetap berjalan pada penyedia cadangan jika penyedia utama mengalami gangguan.

Redundansi Data

Penyedia cloud biasanya memiliki beberapa data center untuk menduplikasikan data dan aplikasi. Meskipun jarang terjadi, kegagalan sistem kadang dapat menghapus data Anda. Dalam kasus seperti itu, redundansi data dalam komputasi cloud dapat membantu Anda tidak kehilangan data. Selain itu, jika satu atau dua server mengalami kegagalan, Anda masih memiliki cadangan dengan redundansi data yang baik.

Kelangsungan Bisnis Saat Insiden Tak Terduga

Bisnis Anda harus tetap berfungsi meskipun ada masalah atau indisiden tak terduga. Saat jaringan Anda mati, Anda tidak harus menyia-nyiakan waktu berharga menunggu untuk kembali beroperasi. Redundansi data pada komputasi cloud akan mengurangi produktivitas yang hilang dengan memungkinkan Anda mengatasi kegagalan sistem seperti hambatan kecil. 

Baca Juga : Apa Itu Cloud Backup dan Disaster Recovery? Simak Perbedaannya

Keamanan Data

Penerapan redundansi data dalam sistem sangat penting untuk meningkatkan keamanan siber. Dengan memanfaatkan redundansi data dalam komputasi cloud, organisasi dapat memastikan langkah-langkah keamanan mutakhir dan audit kepatuhan regulasi yang berhasil. Dengan redundansi data, waktu henti tidak akan membuat data rentan saat tim mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah. Anda juga dapat melanjutkan bisnis tanpa gangguan saat staf keamanan IT menangani kerentanan dan serangan siber.

Ebook Panduan Pencadangan dan Pemulihan Data dari Elitery

Dengan mengetahui jenis-jenis dan manfaat redundansi data dalam cloud, dapat disimpulkan bahwa data center harus memiliki ketersediaan tinggi, dan lalu lintas jaringan harus dibuat redundansi data terpisah. Redundansi data pada cloud sebaiknya diterapkan dalam sistem semi-otomatis dengan rencana yang kuat untuk menjaga operasi IT bisnis Anda berjalan lancar 24/7.

Elitery juga mempersembahkan Ebook Tahapan Lengkap Implementasi Disaster Recovery bagi Bisnis. Ebook ini merupakan sumber daya penting bagi organisasi yang ingin memastikan keamanan dan kelangsungan bisnis mereka.

Dalam Ebook ini, akan membahas definisi dan manfaat DRaaS, serta teknologi terkini dalam solusi pencadangan dan pemulihan data. Kami juga menawarkan panduan dan praktik terbaik dalam mengelola data finansial yang akan membantu organisasi Anda mencapai tujuan bisnis mereka. Unduh sekarang disini.

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×