Apa itu Amazon S3? Inilah beberapa Fiturnya

Amazon Simple Storage Service (Amazon S3) memiliki beberapa Fiturnya tentu saja sudah banyak ditunggu oleh para pengguna cloud saat ini. Amazon S3 adalah layanan yang dimiliki oleh Amazon untuk bisa menyimpan banyak hal dengan mengutamakan skalabilitas, keamanan, proses transfer data, dan yang lainnya. Ada beberapa fitur Amazon S3 berikut adalah informasinya.

Apa itu Amazon Simple Storage Service (Amazon S3)?

Diagram yang menunjukkan cara memindahkan, menyimpan, dan menganalisis data dengan Amazon S3. Dijelaskan di tautan 'Perbesar dan baca deskripsi gambar.'
Sumber : https://aws.amazon.com/id/s3/

Amazon Simple Storage Service (Amazon S3) merupakan salah satu layanan dari AWS yang memiliki fitur penyimpanan objek yang menawarkan skalabilitas, ketersediaan data, keamanan, dan performa terdepan di industri. Pelanggan dapat dengan mudah menyimpan dan melindungi data dalam jumlah berapapun. 

Baca Juga : Amazon RDS: Pengertian, Fitur, dan Manfaat

Data, file, serta objek bisa ditransfer ke Amazon S3 menggunakan internet publik serta API S3. Anda juga bisa memakai AWS Direct Connect guna membuat koneksi yang private serta konsisten antara S3 dan pusat informasi Anda.

Apa Saja Fitur Dari Amazon S3?

AWS S3 dipakai untuk menyimpan serta menjaga data bervolume besar dengan susunan fitur praktis untuk memudahkan pemakaian. Pengguna bisa menaruh dan melindungi bermacam tipe data dan menggunakan S3 dalam bermacam cara, simak fiturnya berikut ini:

Manajemen Penyimpanan

Amazon S3 memiliki fitur manajemen penyimpanan yang berguna dari sisi pengguna untuk mengatur dari segi biaya, latensi, dan beberapa persyaratan kepatuhan dan peraturan. Terdapat 4 fitur didalam manajemen penyimpanan :

  1. S3 Lifecycle

    Untuk manajemen objek Anda sehingga disimpan dengan biaya yang efektif sepanjang siklus aktifnya.

  2. S3 Object Lock 

Cegah objek Amazon S3 dihapus ataupun ditimpa sepanjang waktu durasi tertentu atau tanpa batasan waktu. Anda bisa memakai Object Lock buat memenuhi persyaratan peraturan yang membutuhkan penyimpanan write-once- read-many (WORM) ataupun untuk meningkatkan lapisan proteksi lain kepada perubahan dan penghapusan objek.

  1. Replikasi S3

Replikasi objek serta metadata masing-masing dan tag objek ke satu atau sebagian bucket tujuan dalam hal yang sama ataupun berbeda Region AWS untuk mengurangi latensi, kepatuhan, keamanan, serta permasalahan pemakaian lainnya.

  1. Operasi Batch S3

Mengoperasikan miliaran objek dalam rasio besar dengan satu permintaan API S3 ataupun beberapa klik di konsol Amazon S3. Anda dapat memanfaatkan Operasi Batch untuk melakukan operasi seperti fungsi Copy, Invoke AWS Lambda, serta Restore pada jutaan ataupun miliaran objek. 

Pemantauan Penyimpanan

Fitur lainnya dari Simple Storage Service (Amazon S3) serta layanan AWS lainnya adalah guna memantau serta mengendalikan sumber daya S3 Anda. Terapkan tanda ke bucket S3 untuk membagikan biaya di beberapa dimensi bisnis (semacam pusat biaya, nama aplikasi, ataupun pemilik), kemudian terapkan AWS Cost Allocation Reports untuk menampilkan penggunaan dan bayaran yang diakumulasi oleh tanda bucket. 

Anda juga bisa memakai Amazon CloudWatch untuk melacak situasi operasional sumber daya AWS Anda serta mengkonfigurasi pemberitahuan penagihan guna perkiraan biaya yang mencapai ambang batasan yang ditetapkan pengguna. Gunakan AWS CloudTrail untuk melacak serta memberi tahu kegiatan tingkat bucket dan objek, serta konfigurasikan S3 Event Notifications untuk memicu alur kegiatan dan pemberitahuan ataupun memanggil AWS Lambda saat perubahan tertentu dibuat ke sumber daya S3 Anda. 

Analitik dan Wawasan Penyimpanan

Fitur Amazon S3 selanjutnya adalah analitik dan wawasan penyimpanan yang terdiri dari S3 Storage Lens dan Analisis Kelas Penyimpanan S3. S3 Lens merupakan fitur yang akan membuat Anda bisa merasakan penyimpanan dalam objek, tren apa saja yang ada, dan juga rekomendasi untuk bisa membuat Anda semakin efisien dalam biaya. Analisis Kelas Penyimpanan S3 merupakan fitur yang akan membuat Anda dapat menelaah pola penyimpanan. 

Kelas Penyimpanan

Kelas penyimpanan merupakan Fitur Amazon S3 selanjutnya yang bisa membuat Anda menyimpan data pada kelas mana saja yang ada di Amazon S3. Terdapat beberapa tingkat akses data dengan biaya yang sudah disesuaikan. Kelas penyimpanan memiliki beberapa kelas yaitu S3 Intelligent-Tiering, S3 Standard, S3 Standard-Infrequent Access (S3 Standard-IA), S3 One Zone-Infrequent Access (S3 One Zone-IA), S3 Glacier Instant Retrieval, S3 Glacier Flexible Retrieval, S3 Glacier Deep Archive, dan S3 Outposts.

Pemrosesan Data

Pemrosesan data merupakan Fitur Amazon S3 yang akan membuat Anda merasakan S3 Object Lambda. Fitur ini merupakan fitur yang bisa membuat Anda menambahkan kode sendiri pada S3 Get, HEAD, dan LIST. Kode tersebut akan bermanfaat untuk mengubah dan juga memproses data ketika sudah dikembalikan pada aplikasi. Pemrosesan data bisa Anda lakukan dengan sangat cepat karena menggunakan Amazon S3. 

Transfer Data

Salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan ketika akan memilih Cloud adalah proses transfer data. Fitur Amazon S3 yang juga dapat Anda nikmati adalah transfer data. Transfer data secara hybrid, online dan offline bisa Anda lakukan dengan mudah pada Amazon S3. 

Fitur Amazon S3 yaitu penyimpanan data cloud secara hybrid akan memberikan Anda kemudahan dalam memperluas aplikasi lokal ke Penyimpanan AWS. Transfer data online yaitu AWS DataSync akan membuat Anda mudah dalam memindahkan ratusan terabyte file pada Amazon S3. 

Migrasikan Infrastruktur IT Anda ke Cloud Anda dengan AWS dan Elitery

Deep Dive in AWS

Dari penjelasan fitur Amazon S3 diatas ada banyak sekali kemudahan dan efektifitas dalam menyimpan data menggunakan cloud. Demikianlah penjelasan fitur Amazon S3 akan bagaimana fitur storage serta manfaatnya. Dapat dilihat dengan jelas bahwa cloud storage merupakan solusi terbaik untuk menyimpan dan membagikan data dengan cepat dan aman. 

Selain Amazon S3, AWS menyediakan layanan AWS Application Migration Service untuk migrasi infrastruktur aplikasi Anda ke Cloud. Teknologi Cloud dapat memodernisasi aplikasi Anda serta mengurangi biaya operasional.

Baca Juga : AWS Application Migration Service

Segera konsultasikan kebutuhan Cloud bisnis Anda. Apapun yang Anda butuhkan di Cloud, Elitery mampu mengelolanya untuk kemajuan bisnis Anda. 

Mulai berlangganan layanan cloud Elitery yang sudah banyak dipercaya oleh perusahaan di Indonesia. Kunjungi www.elitery.com untuk mengenal produk, layanan dan solusi IT dari Elitery. Hubungi kami di [email protected] atau kontak kami untuk mulai berkonsultasi secara gratis kepada tim IT profesional kami. 

#mulaibersamaElitery

Your Elite Digital Transformation Partner 

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×