Amazon RDS: Pengertian, Fitur, dan Manfaat

Sekarang, mengelola database lebih mudah dengan adanya Amazon RDS. Sebenarnya, apa itu Amazon RDS? Bagaimana cara menggunakannya? Serta apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh penggunanya? Temukan jawabannya di sini.

Apa Itu Amazon RDS?

Amazon RDS How it works diagram

Amazon RDS adalah singkatan dari Amazon Relational Database Service. Platform ini adalah layanan web yang akan membantu penggunanya untuk mengatur dan mengoperasikan database di cloud.
Keunggulan dari platform ini adalah biayanya yang tergolong murah namun pengguna bisa mengubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menggunakan platform ini untuk mengatur dan mengoperasikan database bisnis ataupun mengelola tugas administrasi data.

Fitur-Fitur Amazon RDS

Setelah mengetahui apa itu Amazon RDS, Anda juga perlu tahu fitur-fitur yang ada di platform ini. Dengan begitu, nantinya Anda bisa menggunakannya dengan optimal sesuai dengan kebutuhan. Hasilnya pun akan jauh lebih maksimal.

Backup Database Secara Otomatis

Salah satu fitur yang bisa Anda gunakan pada platform dari Amazon Web Services ini adalah fitur backup database secara otomatis. Fitur ini bekerja otomatis menyalin semua snapshots dan log transaksi dengan lebih akurat. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di RDS untuk MariaDB dan MySQL. Selain itu, beberapa negara, seperti Afrika, Hong Kong, Jakarta, dan Milan masih belum bisa menggunakan fitur ini.

Backup untuk Oracle

RDS juga memungkinkan Anda untuk mem-backup untuk Oracle. Saat ini tersedia beberapa versi seperti RDS untuk Oracle 21c, Oracle 19c, dan Oracle 12c.

Backup untuk Server SQL

Platform dari Amazon Web Services ini juga memiliki fitur yang membantu membuat backup untuk Server SQL. Semua versi RDS bisa digunakan untuk membuat backup untuk Server SQL. Namun, backup ini tidak bisa digunakan untuk enkripsi server SQL DB.

Manfaat Menggunakan Amazon RDS

Lalu, apa manfaat menggunakan platform RDS dari Amazon ini? Tentu saja, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan platform ini. Misalnya, Anda tidak perlu lagi menginstall software database secara manual. Bayangkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan kalau Anda harus menginstall secara manual.
Semua hal bisa dilakukan secara otomatis jika menggunakan Amazon RDS, termasuk memantau update atau patch software database. Proses backup database menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Anda tidak perlu lagi membuat script backup database secara manual menggunakan Shell Script atau Cron.
Dengan berbagai manfaat yang diberikan, Anda bisa fokus mengembangkan produk atau sistem yang akan menjadi nilai tambahan perusahaan Anda. Itu karena Anda sudah tidak perlu kebingungan dan pusing lagi mengurusi patch software database dan pengelolaannya.
Jadi, kalau Anda saat ini menggunakan hosting Relational DBMS, seperti MySQL, MariaDB, Microsoft SQL, dan Oracle untuk menjalankan bisnis, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan Amazon RDS. Anda akan mendapatkan berbagai fitur yang memudahkan prosesnya dengan berbagai manfaat untuk pengembangan bisnis.

Layanan Cloud Managed Service bersama AWS dan Elitery

Segara percayakan kebutuhan Cloud journey bisnis Anda kepada Elitery dan AWS. Mulai konsultasikan kepada ahli IT kami yang profesional dalam mengelola cloud. Anda dapat menghubungi kami melalui www.elitery.com atau email ke [email protected]. Kami siap membantu Anda mencari solusi terbaik, skalabel dan fleksibel.

#mulaibersamaElitery
Your Elite Digital Transformation Partner

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×