Apa itu Aplikasi berbasis cloud? Simak Keunggulannya

Aplikasi berbasis cloud adalah program perangkat lunak yang di-host dan dikelola di lingkungan komputasi cloud. Aplikasi ini dapat diakses melalui browser web atau perangkat seluler, yang berarti aplikasi ini dapat digunakan kapan saja, di mana saja. Aplikasi berbasis cloud memberikan fleksibilitas, skalabilitas, dan penghematan biaya kepada pengguna dibandingkan dengan solusi on-premise tradisional. Mereka juga menawarkan kemampuan kolaborasi yang lebih baik dan memungkinkan pengguna mengakses data mereka dari lokasi mana pun.

Banyak industri yang mulai mengubah sistemnya memakai software atau aplikasi berplatform Cloud. Sebagian industri mengambil keputusan untuk pindah ke Cloud guna memungkinkan industri mereka akan berkembang lebih maju. Mari mengenal aplikasi berbasis cloud dan keunggulannya!

Apa itu Aplikasi Berbasis Cloud?

Amazon RDS: Pengertian, Fitur, dan Manfaat

Cloud computing atau komputasi awan adalah pemanfaat dari beberapa perangkat komputer. Istilah ini merujuk pada bentuk infrastruktur dari fisik yang kemudian dialihkan ke internet, tentu saja sifatnya online. Jadi, cloud computing adalah teknologi yang mengelola pemrosesan sistem daya komputasi via jaringan internet dengan menghubungkan satu komputer dan komputer lainnya. 

Baca Juga : Apa Itu Cloud Backup dan Disaster Recovery?

Aplikasi berbasis cloud adalah program perangkat lunak yang berjalan di internet, bukan di komputer dan server lokal. Aplikasi ini menyimpan data, aplikasi, dan sumber daya lainnya di server jarak jauh yang diakses melalui internet. Aplikasi berbasis cloud menawarkan fleksibilitas, skalabilitas, dan penghematan biaya yang lebih besar kepada bisnis dibandingkan dengan aplikasi tradisional di tempat.

Banyak aplikasi yang sudah menerapkan teknologi Cloud karena beberapa keunggulannya untuk menunjang operasional aplikasi tersebut. Simak keuntungan dan contoh dari aplikasi berbasis Cloud berikut ini.

4 Keuntungan Aplikasi Berbasis Cloud

1. Penyimpanan Data Lebih Aman

Penyedia layanan Cloud seperti Google Cloud dan AWS memiliki infrastruktur penyimpanan yang aman dan handal. Data akan disimpan di beberapa server yang di enkripsi dengan baik serta memiliki strategi penanggulangan bencana. Strategi ini membuat data Anda tidak akan hilang atau terhapus apabila terjadi bencana. 

2. Skalabilitas Tinggi

Teknologi cloud dapat menyesuaikan kebutuhan dari aplikasi dan pengguna. Skalabilitas di sini mengacu pada proses menangani permintaan yang meningkat atau menurun pada sistem. Salah satunya adalah dari sisi penyimpanan. Tidak seperti penyimpanan konvensional atau fisik (hdd, flash disk), Cloud sudah dirancang untuk menangani penyimpanan besar sesuai kebutuhan dari pengguna. 

Di sisi lain teknologi Cloud juga menyesuaikan resource dari suatu aplikasi, misalkan di hari biasa rata-rata pengguna ada 2 ribu pengguna, namun di hari berikutnya ada lonjakan trafik sebesar 10 ribu pengguna. Cloud dapat menangani permintaan dari sistem dengan handal dan efisien.

3. Dapat Diakses Di Mana Saja

Dengan teknologi Cloud memungkinkan Anda untuk bekerja di mana saja dan mengakses data dari berbagai platform dan perangkat apa pun. Maraknya tren pekerjaan WFH semenjak pandemi Covid-19, teknologi Cloud sudah banyak membantu pekerja dan tim untuk berkolaborasi di manapun, kapan pun dengan jarak yang jauh.

4. Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Manfaat lain dari cloud yaitu membuat bisnis lebih efisien, Anda tidak butuh khawatir perihal biaya infrastruktur jaringan, dukungan untuk teknologi terbaru ataupun kemungkinan server Anda sendiri, semua teknologi komputer di cloud disediakan serta lebih besar saat ini dari provider cloud.

Cloud membuat bisnis Anda lebih irit biaya dan kompetitif untuk menjangkau pasar yang lebih besar. Hal ini membuat disrupsi tidak terbendung, di mana industri konvensional cepat ataupun lambat akan digantikan oleh startup platform digital yang memulai dari kecil serta menggunakan cloud. 

Contoh Aplikasi Berbasis Cloud

Ada beberapa aplikasi berbasis cloud yang sering digunakan selain Google Drive. Anda bisa memilih satu di antaranya untuk digunakan dalam urusan pekerjaan. 

1. Dropbox

Dropbox merupakan salah satu platform online dengan fitur penyimpanan awan. Platform ini telah memiliki sebanyak 400 juta orang pengguna yang mana 200 ribu di antaranya dari kalangan bisnis. Layanan ini dapat diakses menggunakan alamat resmi dari Dropbox. Pada pendaftaran pertama, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 2GB. 

2. Adobe Creative Cloud

Layanan aplikasi berbasis cloud lainnya adalah Adobe Creative Cloud. Platform ini menyediakan fitur guna memudahkan akses untuk berbagai program khusus desain grafis, pengembangan web, fotografi dan lainnya. 

3. Hubspot

HubSpot adalah penyedia perangkat lunak pemasaran populer yang menawarkan solusi untuk segala hal mulai dari otomatisasi pemasaran, hingga media sosial dan pemasaran email. Plaftorm ini menggunakan infrastruktur dari Amazon Web Service yang terletak di region Amerika dan Jerman.

4. Slack

Platform berbasis awan yang satu ini memiliki fitur kolaborasi dan komunikasi antar tim. Anda dapat menggunakan layanan dari Slack secara gratis maupun berbayar sesuai dengan paket langganan yang dipilih. 

5. Google Workspace

Kerja tim Anda akan terasa lebih ringan dengan memanfaatkan fitur Google workspace yang merupakan salah satu produk berbasis Cloud dari Google. Fitur yang disediakan oleh workspace antara lain email bisnis, dokumen, kalender dan penyimpanan cloud Drive. Teknologi workspace ini dirancang untuk kerja tim dimanapun dan kapanpun. Dokumen dan cloud dari workspace dapat diamankan dengan sandi dan laporan keamanan khusus. 

Mulai Migrasikan Infrastruktur IT Anda ke Cloud bersama Elitery

10043335_38-ebook-cloud.png

Apakah Anda siap untuk revolusi digital dalam bisnis Anda? Tidak perlu ragu atau terhambat oleh tantangan migrasi ke cloud. Dengan pemahaman yang solid tentang keuntungan yang ditawarkan oleh cloud computing serta mengikuti langkah-langkah migrasi yang terorganisir dengan baik, Anda bisa menikmati transisi yang lancar dan produktif. Anda tidak perlu menghadapi proses ini seorang diri. Gabung bersama Elitery, mitra IT profesional kami, yang akan mendampingi Anda di setiap fase, memastikan bisnis Anda dapat mengoptimalkan semua keunggulan cloud. Bersama Elitery, manfaatkan sepenuhnya cloud untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan pertumbuhan berkelanjutan bisnis Anda. Kontak kami sekarang untuk memulai petualangan migrasi cloud Anda dan membuka lebar-lebar pintu kesuksesan di dunia digital. Untuk informasi lebih lanjut, unduh Ebook kami di sini.

 

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×