Pentingnya Melakukan Backup Data Perusahaan Dengan ELIVAULT Elitery

Di era digitalisasi ini, perkembangan teknologi telah berkembang pesat merubah gaya hidup manusia lebih modern dengan mobilitas yang tinggi. Berbagai aktivitas atau pekerjaan bisa dilakukan selama 24 jam tanpa henti menggunakan bantuan komputer dan terkoneksi ke internet. Banyak masyarakat umum, individu, dan organisasi-organisasi lainnya yang telah mengerti dan memahami pentingnya menggunakan teknologi backup berbasis cloud dalam mengamankan sebuah data.

Backup sendiri adalah kegiatan penyalinan data yang bertujuan untuk membuat cadangan data. Sehingga, jika data yang tersedia rusak atau hilang, data tersebut dapat diakses kembali. Biasanya, data yang telah disalin, disimpan pada perangkat keras atau diupload ke dalam cloud.

Setiap pebisnis harus memikirkan DRP (Disaster Recovery Planning) dalam bisnisnya. Apa sih DRP? DRP merupakan bagian perencanaan dari sebuah institusi untuk melakukan tahapan tertentu yang nantinya akan menjamin kelangsungan pelayanan (khususnya dari segi sistem informasi) yang diberikan tanpa mengurangi kapabilitas serta kinerja dari sebuah sistem jika terjadi sebuah bencana di dalamnya.

Nah, hal ini sesuai dengan anjuran pemerintah dalam pasal 40 ayat (1) dan ayat (4) Perpres 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) mewajibkan penyediaan cadangan (Backup) dan Pemulihan (Restore). Sehingga jika bisnis terkena bencana baik alam, terserang virus/malware atau bahkan perangkat rusak. Backup data menjadi kebutuhan wajib dari pemerintah demi keberlangsungan bisnis

Mengapa data perlu di-backup?

Secara singkat, data merupakan aset penting perusahaan berisi dokumen penting perusahaan yang sensitif seperti data karyawan, database client, aplikasi atau bahkan data transaksi. Umumnya, suatu perusahaan dapat berjalan dengan lancar ketika memiliki data yang lengkap. Oleh karena itu, penting untuk melakukan backup secara rutin agar data tidak rusak atau hilang dan bisnis tetap terjadi. Anda perlu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan suatu data hilang atau mengalami kerusakan, diantaranya adalah:

1. Human Error

Human Error atau kelalaian Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kesalahan yang paling sering terjadi di industri manapun. Menurut survey dari sumber Mashable, Data Breach Infographic menyatakan bahwa 32% rusak dan hilangnya data disebabkan oleh Human Error. Umumnya, hal ini terjadi dikarenakan kurangnya fokus ketika kita bermaksud menghapus data yang sudah tidak diperlukan dan kesengajaan menghapus data /partisi dan melakukan format hard drive.

2. Rusaknya Tools Penyimpanan

Menurut survey dari sumber Mashable, Data Breach Infographic menyatakan bahwa 21% data hilang dikarenakan kegagalan hardware, sistem crash, software corrupt. Saat ini, kehilangan data terKebanyakan orang menyimpan data mereka pada perangkat keras seperti HDD/SSD. Perlu diketahui bahwa, perangkat keras selalu mempunyai resiko kerusakan yang mengakibatkan hilangnya data. Kerusakan tools dapat terjadi karena berbagai sebab, seperti kurangnya informasi mengenai bagaimana merawat perangkat keras dengan baik, terjadinya bencana alam, dan lain sebagainya.

3. Serangan Virus/Malware

Dalam survei sumber Mashable, Data Breach Infographic menjelaskan. ketidaksengajaan seperti terserang virus atau malware atau bahkan situs diretas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Serangan Virus merupakan salah satu penyebab umum hilang atau rusaknya suatu data. Serangan ini bisa terjadi kapan saja saat mengoperasikan perangkat seperti komputer, laptop, smartphone dan lainnya.

Cara kerja virus sangatlah beragam, beberapa virus dapat merusak data dengan mengunci file, atau menghapus file dari perangkat. Beberapa virus juga dapat merusak perangkat keras dengan cara menggandakan data, hingga memenuhi kapasitas penyimpanan perangkat.

Ketahui lebih banyak lagi tentang Mengenal ELIVAULT Sebagai Backup as a Service Untuk Solusi Perlindungan Data Bisnis Anda!

Pentingnya Melakukan Backup di Tahun 2021 dengan ELIVAULT

Tahun 2021 merupakan tahun transformasi digital yang sangat cepat dan pesat. Semua pebisnis sudah menggantungkan bisnisnya pada digital dan sistem yang terotomatisasi. Tentu, untuk mengantisipasi terjadinya data loss, perusahaan harus memiliki backup yang baik. Anda dapat menggunakan ELIVAULT dan segera amankan data penting perusahaan tahun ini karena waktu adalah sesuatu yang sangat berharga. Kenapa harus melakukan backup data di tahun 2021 ini? Baca artikel ini sampai tuntas ya 🙂

1. Banyak Perusahaan Menerapkan Sistem Kerja WFH

Sejak keberadaan virus Covid-19 pada maret 2020, banyak perusahaan menerapkan Work From Home (WFH). Kebijakan ini mengharuskan setiap karyawan bekerja dari rumah, untuk mengurangi penularan Virus Covid-19. Sistem kerja WFH ini meningkatkan kemungkinan terjadinya data loss yang disebabkan oleh human error. Hal ini terjadi dikarenakan semua aktifitas kerja seperti komunikasi, dan pengiriman data dilakukan secara online.

Human error bisa dikarenakan tidak semua orang familiar dengan dunia digital, dan tentu usaha lebih untuk mempelajari setiap aplikasi atau software yang digunakan. Dalam proses tersebut sangat memungkinkan terjadinya data loss yang disebabkan oleh kesalahan manusia. Karena itu, meminimalisir kemungkinan terjadinya data loss ditengah-tengah usaha menstabilkan bisnis adalah langkah tepat.

Dengan memiliki backup data, Anda dapat berfokus untuk mengembangkan bisnis dan income perusahaan tanpa perlu khawatir. Nah, jika Anda bingung menggunakan sistem backup yang otomatis dan berbasis cloud? Sudah saatnya Anda beralih menggunakan ELIVAULT (Backup as a Service) dari Elitery. ELIVAULT akan memastikan data penting perusahaan aman. Sehingga, Anda tidak akan pernah mengalami loss data selama WFH atau selama perusahaan Anda mempercayakan sistem backup dengan Elitery.

2. Cyber Threat Terus Meningkat

Cyber threat yang meningkat tajam pada tahun 2020 merupakan efek dari Pandemi Covid-19. Cyber threat ini diprediksi akan terus meningkat di tahun 2021. Selain memperkuat sistem keamanan siber, mempunyai Backup plan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan juga dapat menjadi solusi tepat. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir kerugian yang mungkin dialami jika peretas berhasil membobol sistem keamanan Anda. Jadi, bisnis tetap bisa beroperasi seperti biasa dengan backup data yang baik.

3. Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas sebuah perusahaan tentunya didukung oleh kelengkapan data yang dimiliki. Semakin lengkap data, maka semakin cepat proses pengerjaan suatu pekerjaan. Contohnya, jika seorang karyawan hendak membuat laporan tahunan. Karyawan tersebut akan membutuhkan banyak data untuk menyelesaikannya. Jika satu atau dua data hilang, maka karyawan tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan laporannya.

Jika hal itu terjadi, tidak hanya akan membuang energy, tapi juga membuang waktu yang seharusnya dapat dialokasikan pada pekerjaan lain. Keakuratan data juga dipertanyakan. Dengan memiliki sistem backup yang baik, Anda dapat berhemat waktu dan bekerja secara efisien. Sebab, jika terdapat data yang hilang atau rusak, data tersebut dapat segera diakses kembali.

Siapa Saja yang Memerlukan Backup Data?

Backup data merupakan kewajiban mendasar yang harus dimiliki suatu perusahaan. Mulai dari level korporasi, startup, perusahaan, hingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tidak hanya itu lembaga pendidikan dan kepemerintahan yang pastinya memiliki banyak data penting juga dinilai perlu untuk membackup data mereka. Karena pentingnya sebuah data, pemerintah mulai menggalakkan untuk setiap perusahaan memiliki backup data sebagai Business Continuity Plan (BCP).

Dengan semua informasi di artikel ini, maka dapat disimpulkan bahwa data adalah aset penting perusahaan yang dapat hilang/rusak dikarenakan berbagai hal. Oleh karena itu, jangan menganggap remeh data perusahaan Anda, sangat penting untuk melakukan backup data agar terhindar dari kerugian besar terutama di tahun 2021 ini.

Untuk itu, tunggu apalagi, segera amankan data perusahaan Anda bersama Elitery dan Konsultasikan kebutuhan backup data Anda dengan kami kapanpun Anda mau, kami dengan senang hati melayani Anda.

Segera kunjungi website kami di www.elitery.com untuk mempelajari setiap produk dan layanan Elitery.

 

Elitery
Safeguarding, Accelerating

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×