Kenali Pentingnya Disaster Recovery Untuk Keberlangsungan Bisnis Anda

Kenali Pentingnya Disaster Recovery Untuk Keberlangsungan Bisnis Anda

Apakah Anda pernah membayangkan bisnis Anda terhenti tiba – tiba karena bencana alam atau downtime? tentu hal ini tidak diinginkan oleh pebisnis. Anda perlu memiliki strategi agar bisnis Anda terus berjalan sekalipun bencana terjadi. Pernahkah Anda mendengar tentang Disaster Recovery? Merupakan sebuah metode yang berfungsi untuk menempatkan perangkat IT, sistem, aplikasi dan juga data cadangan sebagai persiapan dalam menghadapi bencana.

Tanpa memiliki perencanaan yang tidak tepat terhadap masalah – masalah tidak terduga seperti halnya bencana alam, kebakaran atau menghapus data secara tidak sengaja (human error), maka perusahaan akan menghadapi resiko kerugian finansial yang parah, hilangnya kepercayaan konsumen akibat aplikasi tidak berjalan baik semuanya dapat sangat mempengaruhi bisnis bahkan bisa ditutup untuk waktu yang lama.

Dapatkan ketenangan pikiran (peace of mind) dengan memilih provider terpercaya dan berpengalaman dalam mengolah Disaster Recovery Center. Elitery adalah provider yang didukung oleh tenaga kerja profesional yang bersertifikat dan telah menangani lebih dari 2000 DR drill bahkan DR real. Elitery memiliki layanan Disaster Recovery as a Service yang diberi nama Elicovery, memiliki tingkat keamanan enterprise yang beroperasi berdasarkan ISO 27001 dan terenkripsi AES 256-bit dan data-at-rest.

Source : Freepik.com

Mengapa Disaster Recovery Penting Untuk Keberlangsungan Bisnis Anda ?

Banyak pebisnis yang tidak menyadari resiko jika bisnis tidak memiliki disaster recovery salah satunya adalah menurunnya pendapat jika sistem tiba – tiba mengalami downtime. Kerugian dapat diperkirakan sebesar sekitar US$740.357 atau setara dengan 10M menurut Blue Power Technology (BPT), kerugiaan ini diprediksi akan meningkat setiap tahun dengan berbagai masalah downtime pada sistem seperti UPS, human error, bencana dan kegagalan hardware. 

Hal ini menunjukkan bahwa Disaster Recovery ini sangat penting. Saat ini juga sudah semakin banyak ahli IT yang membuat aplikasi atau berbagai layanan Disaster Recovery untuk perusahaan maupun mereka yang sedang membutuhkan jasanya. Dalam memilih jasa tersebut Anda juga harus lebih selektif dan berhati-hati. Jangan sampai tergiur dengan layanan Disaster Recovery dengan harga murah. Pastikan dulu bahwa mereka merupakan jasa yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab.

Elitery dengan pengalaman yang sudah dijelaskan diatas, selalu siap membantu Anda. Pelayanan yang kami berikan 24/7/365 untuk melindungi bisnis And. Tidak semua provider menyediakan jasa layanan menganggap kepentingan client adalah yang utama. Elitery telah banyak memiliki client khususnya Anggota Bursa Efek Indonesia (Perusahaan Efek) yang menganggap Elitery sebagai partner IT terpercaya, bukan sekedar hubungan vendor dan client lagi.

Beberapa informasi untuk Anda mengenai pentingnya Disaster Recovery, mengapa Disaster Recovery Penting Untuk Bisnis Anda, simak yuk!

1. Seperti Layaknya Mesin, Manusia Tidak Sempurna (Human Error)

Source : unsplash.com

Pernahkah Anda mengerjakan suatu pekerjaan dengan fokus dan sungguh – sungguh? akan tetapi menyesal karena lupa menyimpan dokumen tersebut dan bahkan Anda kehilangan akses dokumen tersebut karena perangkat yang Anda gunakan rusak. ironisnya hal ini sering sekali terjadi. Sama halnya dengan sistem firewall, anti-virus dan anti-spyware yang merupakan suatu bentuk perlindungan data dari serangan virus yang tidak diinginkan. Software tersebut hanya memastikan bahwa data akan aman dan bahkan dapat diAndalkan pada saat tiba-tiba terjadi downtime. Namun, bagaimana jika ada suatu perusahaan yang melakukan berbagai kebijakan tidak boleh ada data loss saat terjadi downtime? Disaster Recovery jawabannya.

2. Perangkat Keras atau Kegagalan sistem

Source : Freepik.com

Kecanggihan teknologi membuat para pebisnis terlena bahwa tidak akan mengalami downtime atau kegagalan sistem. Akan tetapi faktanya semua perangkat teknologi akan tetap memiliki kekurangan, kelemahan dan bahkan rentan rusak. Dengan kenyataan demikian, akan menjadi sangat mahal bagi sebuah perusahaan tersebut untuk menghapus maupun memperbaiki masing-masing kegagalan pada infrastruktur IT. Belum perusahaan harus memiliki SDM IT yang berpengalaman dan membayarnya cukup mahal untuk mengatasi hal tersebut. Maka memiliki Disaster Recovery merupakan cara yang terbaik untuk mengamankan data-data yang penting akibat kegagalan suatu perangkat keras. Semua kebutuhan IT bisnis Anda serahkan semua kepada Elitery. Provider Disaster Recovery yang sudah terbukti dan tidak membiarkan Anda khawatir akan keberlangsungan bisnsi Anda.

3. Konsumen menuntut kesempurnaan sistem dan layanan

Source : Freepik.com

Saat ini, bagi pebisnis konsumen adalah raja. Apa saja yang diinginkan raja harus kita penuhi selama itu relevant dengan bisnis yang ditawarkan. Memang benang, konsumen selalu menuntut kesempurnaan sistem, aplikasi dan layanan. Apapun hal yang terjadi di belakang sistem tersebut konsumen tidak mau mencari tahu dan bahkan hanya ingin mendapat yang terbaik dalam pelayanannya. Dengan tingkat kompetisi yang semakin tinggi memaksa perusahaan untuk lebih transparan dan bahkan akuntabel. Dengan Disaster Recovery Anda tidak akan kesulitan dalam meyakinkan konsumen terkait dengan masalah transparansi dan juga akuntabilitas data. 

Bahkan ketika terjadi bencana, bisnis Anda tetap berjalan normal seperti biasa. Tentunya konsumen Anda akan selalu percaya kepada bisnis Anda karena tidak pernah membiarkan sistem Anda terhenti selama diakses. Kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama bagi Anda seorang pebisnis.

Jasa Disaster Recovery Terbaik Untuk Bisnis Anda

Terpenting dalam mendirikan sebuah bisnis Anda menjaga agar bisnis tersebut tetap berjalan saat terjadi bencana. Nah, bencana yang terjadi bisa mengancam sistem IT atau perangkat server bisnis Anda. Akan tetapi pemulihan cepat dengan adanya Disaster Recovery yang baik menjadi tuntutan konsumen. Terlalu banyak bisnis yang gagal karena kurangnya mempersiapkan segala kemungkinan bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi. 

Meskipun solusi sederhana seperti backup sangat mudah untuk bisa menyelamatkan hal tersebut. Namun hal itu tidak cukup, ketika Anda harus menyediakan waktu untuk proses restore data dan membuat konsumen Anda menunggu proses tersebut. Maka tentu saja menyiap disaster recovery menjadi prioritas utama bagi perusahaan Anda. tentunya metode tersebut sangat penting, terutama bagi Anda yang menyimpan banyak dokumen atau file. Pasti Anda akan membutuhkannya, agar sesuatu hal yang terjadi tidak akan menimbulkan kerugian untuk Anda sendiri. 

Anda harus mempercayakan kepada Elitery sebagai penyedia layanan Disaster Recovery terbaik dan paling aman di Indonesia. Bukan hanya menjual sebuah produk, Elitery memberikan pelayanan yang optimal dan prima untuk membantu semua client dalam keadaan apapun dengan IT engineer yang berpengalaman dan bersertifikat. Jika Anda penasaran dengan Disaster Recovery, maka Anda bisa berkonsultasi dengan Elitery.

Elitery juga mempersembahkan ebook dengan topik “Tahapan Lengkap Implementasi Disaster Recovery untuk Financial Services”, yang menjadi panduan dalam merancang dan melaksanakan strategi Disaster Recovery yang komprehensif dan efektif.

Lindungi aset dan reputasi perusahaan Anda dengan menjamin kelangsungan usaha di tengah situasi penuh ketidakpastian. Dapatkan pemahaman mendalam tentang bagaimana mengidentifikasi risiko, mengevaluasi solusi, dan mempersiapkan tim Anda untuk menghadapi bencana. Ambil langkah penting ini dengan mengunduh ebook ini dan memastikan perusahaan Anda siap menghadapi berbagai tantangan dan bencana yang mungkin timbul di masa depan.

CTA-Design-Ebook-DRAAS

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×