Simak Beberapa Fitur Unggulan dari Amazon Elastic Compute Cloud

Seperti yang kita tahu, cloud computing merupakan metode pengiriman berbagai layanan melalui media internet. Beberapa contohnya adalah platform penyimpanan data, server, database, sistem jaringan, serta perangkat lunak. Dalam dunia digital teknologi yang satu ini sangat mempengaruhi untuk revolusi industri 4.0 yang di kala ini bertumbuh cepat pada berbagai aspek. 

Amazon Web Services sebagai salah satu platform layanan Cloud terbesar di dunia, menawarkan lebih dari 200 layanan untuk menunjang perkembangan industri dan bisnis di Indonesia. Salah satu layanan unggulannya adalah Amazon Elastic Compute Cloud (EC2), yuk simak fitur dan manfaatnya.

Apa itu Amazon Elastic Compute Cloud (EC2)?

Amazon Elastic Compute Cloud menyediakan layanan Cloud Computing yang luas, skalabel dan fleksibel. Dengan memiliki 500 instans dan beragam spesifikasi prosesor, penyimpanan, jaringan, sistem operasi, serta model pembelian terbaru untuk membantu mengoptimasi infrastruktur bisnis Anda.

Amazon EC2 memberikan Anda kontrol penuh sumber daya komputasi serta mengizinkan Anda bekerja dalam lingkungan komputasi Amazon Web Service. Amazon EC2 mengurangi durasi yang dibutuhkan guna menjalankan serta mengaplikasikan boot instant server baru dalam hitungan menit, memungkinkan Anda mengganti ukuran kapasitas dengan cepat, baik naik ataupun turun, bersamaan perubahan kebutuhan komputasi Anda. 

Keunggulan dari  Amazon Elastic Compute Cloud (EC2)

1. Infrastruktur Global

Amazon EC2 sediakan beberapa keunggulan yaitu menempatkan instans di beberapa lokasi. Posisi Amazon EC2 terdiri di beberapa wilayah serta Availability Zone. Apa itu Availability Zone? Availability Zone merupakan bagian dari wilayah AWS yang secara logis dirancang untuk beroperasi dengan independen. Setiap Availability Zone dihubungkan oleh jaringan fiber optik yang cepat serta terenkripsi agar aplikasi dapat melakukan failover dengan cepat. Hal ini dilakukan untuk melindungi aplikasi atau infrastruktur Anda dari kegagalan di satu lokasi dan bisa cepat dipulihkan melalui Availability Zone lainnya.

2. Kapasitas dan Biaya Teroptimalisasi

Dengan penagihan per detik, Anda hanya membayar biaya yang Anda gunakan saja. Metode ini memperkirakan biaya setiap menit dan detik yang tidak digunakan dalam satu jam tagihan supaya Anda bisa fokus pada peningkatan aplikasi Anda. 

Baca Juga : Hemat Biaya Operasional Perusahaan dengan Cloud Computing

Selain itu Amazon EC2 juga memiliki fitur auto scaling yang secara otomatis dapat meningkatkan atau menurunkan skala kapasitas dalam hitungan menit. Penskalaan ini dapat Anda sesuaikan dengan skenario komputasi yang dibutuhkan sehingga kinerja akan lebih optimal dengan biaya lebih minimal.

3. Penyimpanan Optimal

Workload Amazon EC2 yang berbeda dapat mempunyai spesifikasi penyimpanan yang berlainan pula. Tidak hanya penyimpanan instans bawaan, ada juga layanan dukungan dari Amazon Elastic Block Store (Amazon EBS) serta Amazon Elastic File System (Amazon EFS). 

Amazon EBS menyediakan layanan penyimpanan blok dengan performa tinggi yang mudah digunakan, dapat diskalakan serta menunjang instans dari Amazon EC2, sedangkan Amazon EFS adalah layanan penyimpanan Cloud dari Amazon Web Services yang dirancang untuk menyediakan fitur penyimpanan file yang bersifat dapat diskalakan, elastis, serta aman dengan fitur enkripsi.

4. Jaringan

Peningkatan jaringan memungkinkan Anda untuk memperoleh kinerja paket per detik (PPS) yang jauh lebih besar, jitter jaringan yang lebih kecil, serta latensi yang lebih rendah. Fitur ini memakai tumpukan virtualisasi jaringan yang menyediakan kemampuan I/O yang lebih besar serta penggunaan CPU yang lebih sedikit. Selain itu akses menuju Amazon EC2 dirancang khusus menggunakan teknologi bernama AWS PrivateLink. Fitur ini dirancang agar pelanggan dapat mengakses layanan Amazon dengan kinerja tinggi dan ketersediaan yang sangat baik.

5. Sistem Operasi dan Perangkat Lunak

Amazon EC2 sudah didukung oleh beberapa sistem operasi terkemuka, seperti Microsoft Windows, Linux, Debian, CentOs, Ubuntu, Red Hat dan SUSE. Semua kebutuhan sistem operasi dari vendor ternama tersebut tersedia dalam halaman AWS Marketplace yang pengguna bisa pilih secara gratis.

6. AWS Nitro System

Gabungan perangkat keras khusus serta hypervisor berkualitas ringan yang memungkinkan inovasi yang lebih cepat serta keamanan yang disempurnakan.

AWS Nitro System merupakan program dasar untuk instans Amazon EC2 terbaru yang memungkinkan AWS melakukan pembaruan dengan lebih cepat, mengurangi banyak pengeluaran, serta memberikan fitur unggulan tambahan seperti tingkat keamanan tinggi serta jenis instans baru.

Elitery Bersama AWS Membantu Penerapan Layanan AWS EC2 dalam Infrastruktur Cloud UNICEF

AWS Elastic Compute Cloud adalah solusi dari infrastruktur Cloud perusahaan Anda. Dengan beberapa keunggulan dari segi biaya serta tempat penyimpanan yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis maka Anda tidak perlu kuatir untuk biaya yang akan dikeluarkan. 

Hal ini sudah terbukti dengan adanya implementasi layanan Cloud dari AWS untuk kebutuhan infrastruktur dan Cloud Platform untuk mendukung program data dan inovasi digital UNICEF terkait COVID-19. 

Elitery berhasil membantu UNICEF dengan memberikan layanan infrastruktur Cloud yang handal sesuai kerjasama dan SLA yang disepakati. Dengan dukungan tim IT yang profesional membuktikan bahwa Elitery memberikan SLA (Perjanjian Tingkat Layanan) yang komprehensif sehingga memastikan infrastruktur Cloud Data/T4D berjalan efektif dan efisien mulai dari fleksibilitas pada Cloud untuk meningkatkan/menurunkan sumber daya yang diperlukan (vCPU, VRAM, dan Penyimpanan), mengelola infrastruktur Cloud secara penuh, memberikan tools monitoring yang aman dan realtime serta menyediakan sistem backup yang berbasis Cloud.

Selain Amazon EC2, AWS menyediakan layanan AWS Application Migration Service untuk migrasi infrastruktur aplikasi Anda ke Cloud. Teknologi Cloud dapat memodernisasi aplikasi Anda serta mengurangi biaya operasional.

Segera konsultasikan kebutuhan Cloud bisnis Anda. Apapun yang Anda butuhkan di Cloud, Elitery mampu mengelolanya untuk kemajuan bisnis Anda. 

Mulai migrasikan infrastruktur IT bisnis Anda dengan layanan cloud dari Elitery dan AWS yang sudah banyak dipercaya oleh perusahaan di Indonesia. Kunjungi www.elitery.com untuk mengenal produk, layanan dan solusi IT dari Elitery. Hubungi kami di [email protected] atau kontak kami untuk mulai berkonsultasi secara gratis kepada tim IT profesional kami. 

#mulaibersamaElitery

Your Elite Digital Transformation Partner 

 

 

Scroll to Top
×

Welcome to Elitery
Our support team is here to help you find the right solutions

×